Teknologi Unik di CES 2023 ada 5 dan Nomor 3 Bikin “Mager”

Terbit: January 9, 2023 by planetmanda
iklan

Consumer Electronics Show (CES) 2023 telah resmi berakhir. Namun, selama CES 2023 berlangsung bermunculan beberapa teknologi yang unik sekaligus berguna untuk kehidupan sehari-hari manusia.

CES 2023 merupakan pameran teknologi tahunan yang diadakan di Las Vegas Amerika Serikat yang digelar pada 5-8 Januari 2023. Dalam acara tersebut banyak sekali perusahaan teknologi yang memperkenalkan berbagai produk andalan mereka seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya.

Teknologi Unik di CES 2023

Selain itu, ada pula yang memamerkan teknologi canggih sekaligus unik. Teknologi yang lahir dari inovasi para perusahaan yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas pengguna.

Supaya gak penarasan, berikut ini 5 teknologi unik yang dipamerkan di ajang CES 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat kemarin.

1. Tombol untuk Komunikasi dengan Hewan

Perusahaan teknologi bernama FluentPet memperkenalkan tombol, canggih yang diklaim mampu melatih hewan peliharaan Anda untuk berkomunikasi seperti ketika mereka lapar, perlu keluar atau ingin bermain.

Tombolnya berada di dalam tikar plastik berbentuk segi enam yang disebut Hextile, sehingga bisa ditekan dengan mudah oleh anjing atau kucing peliharaan Anda. Nantinya Hextiles dapat terhubung dengan aplikasi FluentPet Connect yang bisa Anda unduh di smarthphone.

Di dalam aplikasi FluentPet Connect, Anda akan mendapatkan informasi mengenai tombol apa saja yang ditekan oleh hewan peliharaan apabila merasa lapar atau bosan. Secara tidak langsung, Anda pun berkomunikasi dan hewan peliharaan untuk lebih mengerti perihal keinginan mereka.

Perangkat Fluent Pet dilengkapi dengan Hextile, speaker, dan enam tombol seharga USD 159.95 atau Rp 2,4 jutaan. Belum diketahui kapan teknologi ini akan masuk ke pasar global.

2. Kereta Dorong Berteknologi Tinggi

Startup asal Kanada bernama Gluxkind memperkenalkan teknologi unik di CES 2023, berupa kereta dorong bayi. Namun, ini bukan kereta dorong biasa karena didukung beberapa fitur untuk kemudahan pengguna.

Kereta dorong ini bertenaga AI, serta baterai sehingga kereta bisa berjalan sendiri tanpa harus didorong. Kemudian, dipasangkan pula sensor yang memungkinkan kereta berhenti apabila posisinya terlalu jauh dari pengguna dan kondisi jalan tidak rata.

Sebab, jalanan yang tidak rata membuat bayi tidak nyaman karena berada di dalam guncangan. Dengan begitu, bayi di dalam kereta bisa tetap aman dan nyaman.

Baterai pendorong kereta bisa dipakai selama 8 jam, dan membutuhkan 2-4 jam pengisian daya. Harga kereta dorong Gluxkind adalah USD 3.300 atau Rp 51,4 juta. Tidak diketahui kapan teknologi akan diluncurkan di pasaran.

3. Bantal yang Bikin Nyaman

Butuh istirahat yang tenang dan nyaman? Yukai Engineering dari Jepang merilis bantal fufuly robotiknya yang dapat membantu pengguna supaya bisa lebih rileks dan nyaman ketika menggunakan bantal tersebut jadi “mager”.

Bantal dibuat dengan bahan yang halus dan lembut. Selain itu, dipasangkan pula sensor sehingga bantal bisa mengembang dan berkontraksi, bergetar secara otomatis ketika Anda memegangnya di perut Anda.

Teknologi ini akan mengikuti ritme pernapasan pengguna, yang biasanya bernapas dengan lebih tenang apabila sedang beristirahat. Menurut CEO Yukai Shunsuke Aoki, bantal ini cocok bagi pekerja yang bekerja dari rumah atau remote, supaya bisa istirahat lebih maksimal.

Sayangnya bantal belum tersedia di pasaran, karena Yukai Engineering masih mengembangkannya serta membuat kerja sama dengan berbagai perusahaan lain untuk pengembangan produk ini.

4. Robot Anjing

Perkembangan dunia robot semakin canggih, salah satunya kemunculan robot anjing bernama Dog-E yang dibuat oleh WowWee. Perusahaan mainan itu menawarkan robot anjing unik, yang bisa Anda pelihara layaknya hewan anjing yang asli.

Dog-E memiliki lebih dari satu juta kombinasi lampu, suara, dan ciri-ciri kepribadian. Semuanya bisa Anda kembangkan sendiri, sehingga perilaku anjing akan sesuai dengan keinginan.

Anjing Dog-E juga memiliki sensor audio untuk mendengar suara, sensor sentuh di sisi dan tubuhnya, dan ekor yang dapat Anda program untuk menampilkan ikon dan pesan yang menyala saat bergoyang.

Jessica Kalichman dari WowWee mengatakan itu adalah pilihan yang baik bagi mereka yang tidak dapat berkomitmen untuk memiliki anak anjing sungguhan, atau mungkin bagi mereka yang memiliki alergi terhadap anjing. Robot anjing Dog-E diharapkan akan tersedia di pasaran pada September 2023, dengan harga USD 79 atau Rp 1,2 juta.

5. Treadmill yang Dapat Dilipat

Teknologi unik yang muncul di CES 2023 adalah treadmill unik yang bisa dilipat. King Smith Fitness menciptakan treadmill bernama Walking Pad. Alat olahraga ini berbeda dengan treadmill yang lain karena dapat dilipat menjadi 2 saat tidak digunakan dan disimpan di dinding atau di bawah tempat tidur.

Walking Pad memiliki kecepatan hingga 12 kmph, serta melacak latihan Anda dalam aplikasi gratis. Penciptanya membayangkannya kalau treadmill ini dapat membantu pekerja jarak jauh tetap bugar di rumah. Belum diketahui kapan treadmill ini akan hadir di pasaran.

Oke, itu tadi teknologi unik yang diperkenalkan di CES 2023. Semoga saja, produk-produk tersebut bisa segera dijual di pasar global termasuk Indonesia sehingga Anda yang berminat bisa membeli produk-produk tersebut.

 

iklan

Related Posts

Leave a Comment